Posted by : paud istiqomah sambas Purbalingga Monday 21 February 2011


 Bismillahirrohmanirrohiim
Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh,

Muara syukur milik Allah Rabbul ‘Izzati, shalawat dan salam bagi Rasulullah Muhammad SAW. Semoga kesuksesan senantiasa menyertai aktifitas kebaikan kita semua.

Setiap manusia adalah pemimpin, demikian pula dengan anak kita. Minimal kelak akan menjadi pemimpin untuk diri sendidi, keluarga dan lingkungannya. Kelak mungkin mereka juga akan memimpin masyarakatnya, bahkan bukan tidak mungkin dimasa depan, merekalah yang akan jadi pemimpin Negara ini.

Pendidikan anak sejak usia dini, merupakan masa emas yang tidak boleh dilewatkan, karena di usia dini inilah anak-anak mampu mengembangkan potensi otaknya secara maksimal. Manakala diberi stimulasi yang sesuai dengan tahap tumbuh kembang mereka. Stimulasi terhadap berbagai aspek kecerdasan yang dikenal dengan aspek kecerdasan majemuk (Multiple Intelegence) menjadi hal yang harus terapkan. Tentu saja kecerdasan otak yang diimbangi dengan kecerdasan akhlak dan kecerdasan spiritual. Sebab kecerdasan otak yang tidak diimbangi dengan kecerdasan akhlak dan kecerdasan spiritual yang baik, justru akan melahirkan pemimpin-peminpin yang tidak siap menghadapi tantangan kehidupan yang kian global.

Melalui program pendidikan yang berkualitas akan sangat membantu anak-anak kita bersiap menjadi pemimpin-pemimpin dan tokoh besar dalam berbagai bidang. Tersedianya generasi dengan karakter yang kuat, visi yang besar, gagasan yang cemerlang dan pijakan ideologi yang utuh akan mengantarkan bangsa ini menuju kejayaan.

Menyadari pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini sebagai masa pembentukan karakter bagi anak, maka Pusat Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Dini Istiqomah Sambas, hadir sebagai satu lembaga yang ingin mencoba ikut meletakkan satu titik baru dalam dunia pendidikan anak usia dini dengan mengembangkan anak sesuai dengan tahap perkembangan usiannya. Serta berusaha membimbing dan mendidik anak dengan sepenuh hati untuk membiasakan mereka berperilaku Islami sejak dini melalui pemberian contoh dan pembiasaan sehari-hari, dengan tidak mengabaikan aspek tumbuh kembang pada anak sejak dini.

PAUD Istiqomah Sambas mengusung konsep bermain sambil belajar, active learning dengan menggunakan pendekatan Sentra dan Lingkaran. Pendekatan ini awalnya dikembangkan di Creative Pre-School Florida Amerika Serikat dengan metode BCCT (Beyond Centre and Circle Time). Dalam metode ini anak dirangsang untuk secara aktif melakukan kegiatan bermain sambil belajar disentra-sentra pembelajaran. Seluruh kegiatan pembelajaran berfokus pada anak sebagai subyek pembelajaran, sedangkan pendidik lebih banyak sebagai motivator dan fasilitator dengan memberikan pijakan-pijakan.

PAUD Istiqomah Sambas mengajak semua pihak yang memiliki perhatian terhadap pendidikan terbaik bagi anak usia dini untuk bersama-sama memberi kesempatan kepada pemenuhan hak-hak anak, salah satunya adalah memperoleh pendidikan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Last but not least. Sekolah tidak menghasilkan produk yang sama, tetapi kesempatan yang sama akan memberikan ladang seluas-luasnya bagi setiap anak mengembangkan potensi pribadinya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Paud Istiqomah Sambas - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -