Posted by : paud istiqomah sambas Purbalingga Thursday 3 September 2015


Acuan Tema Bulan September 2015
TEMPE, MAKANAN BERPROTEIN RIZKI DARI ALLAH SWT.

     I.     LANDASAN UMUM
a.       Berdasarkan QS An Naml Ayat 60
 Artinya :  Atau siapakah yang telah menciptakan langit dan bumi dan yang menurunkan air untukmu dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu kebun-kebun yang berpemandangan indah, yang kamu sekali-kali tidak mampu menumbuhkan pohon-pohonnya? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Bahkan (sebenarnya) mereka adalah orang-orang yang menyimpang (dari kebenaran). [QS. An-Naml 60].
Asmaul Husna       : Al Mu'minu     (Allah Maha Melimpahkan Keamanan)
b.      Pembiasaan Sikap : Sabar
c.       Hadist                   : Minum Sambil Duduk
لاَ يَشْرَبَنَّ أَحَدٌ مِنْكُمْ قَائِمًا
“Sungguh janganlah salah seorang dari kamu minum sambil berdiri.” (Imam Muslim)

  II.     PENGETAHUAN UMUM
    Indonesia merupakan negara produsen tempe terbesar di dunia dan menjadi pasar kedelai terbesar di Asia. Sebanyak 50% dari konsumsi kedelai Indonesia dilakukan dalam bentuk tempe, 40% tahu, dan 10% dalam bentuk produk lain (seperti tauco, kecap, dan lain-lain). Selain di Indonesia, tempe juga di kenal oleh masyarakat Eropa melalui orang-orang Belanda. Pada tahun 1984 sudah tercatat 18 perusahaan tempe di Eropa, 53 di Amerika, dan 8 di Jepang. Di beberapa negara lain, seperti Republik Rakyat Tiongkok, India, Taiwan, Sri Lanka, Kanada, Australia, Amerika Latin, dan Afrika, tempe sudah mulai dikenal di kalangan terbatas.
Tempe adalah salah satu makanan tradisional khas Indonesia. Di tanah air, tempe sudah lama dikenal selama berabad-abad silam. Makanan ini diproduksi dan dikonsumsi secara turun temurun, khususnya di daerah Jawa Tengan dan sekitarnya. Kata “tempe” diduga berasal dari bahasa Jawa Kuno. Pada masyarakat Jawa Kuno terdapat makanan berwarna putih terbuat dari tepung sagu yang disebut tumpi. Makanan bernama tumpi tersebut terlihat memiliki kesamaan dengan tempe segar yang juga berwarna putih. Boleh jadi, ini menjadi asal usul dari nama kata “tempe” berasal.


H.    DAFTAR PUSTAKA


I.       PENANGGUNG JAWAB ACUAN TEMA
a.       Sakti Dian Kumalasari, S.Pd
b.      Lazmi Indah Satriani, S.Pd
c.       Novita Ambaryani, S.Pd




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Paud Istiqomah Sambas - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -