Posted by : paud istiqomah sambas Purbalingga Tuesday 3 November 2015



Acuan Tema Bulan November 2015
Pahlawan Nasional Panglima Besar Jenderal Soedirman Kebangganku

     I.     LANDASAN UMUM
a.       Berdasarkan QS Surat Al-Hujurat (49) Ayat 13 :
يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ
Artinya : “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” 
b.      Asmaul Husna       : Al ‘Azizu/  (Allah Maha Mulia)
c.       Pembiasaan Sikap : Suka Menolong
d.      Hadist                   : Sesama Muslim Adalah Saudara(H.R. Bukhari dan Muslim)
الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ
“Seorang Muslim adalah saudara bagi muslim yang lain.”

  II.     PENGETAHUAN UMUM
Perjalanan berdirinya sebuah negara atau bangsa tidak terlepas dari jerih payah dan usaha-usaha para pahlawan-pahlawannya untuk memperjuangkan kemerdekaan dan pembangunan dari belenggu bangsa penjajah yang sempat berkuasa pada zaman kolonial dahulu. Indonesia memiliki sejarah yang sangat penting dan besar dalam perjalanannya sehingga terbentuk suatu negara republik yang merdeka. Dari perjalanan sejarah penting tersebut, setidaknya Indonesia memiliki para pahlawan yang cukup banyak berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaannya hingga pembangunannya sekarang ini.
Panglima besar jendral Soedirman merupakan salah satu tokoh pahlawan nasional yang sangat berjasa bagi bangsa Indonesia, sehingga dapat dikatagorikan sebagai tokoh yang memiliki nama besar. Namun demikian bukan bearti berasal dari keturunan orang besar, tetapi  justru ia berasal dari rakyat kecil. Dengan latar belakangnya beliau memiliki sifat yang  sangat sederhana, agamis dan pemberani dalam mengusir para penjajah. Sifat-sifat panglima besar jendral soedirman mutlak harus diterapkan oleh kalangan muda Indonesia. Penerapan sifat-sifat pangser jendral soedirman  tidak timbul dengan sendirinya, tetapi muncul secara bertahap pada diri seseorang, yaitu dengan seringnya berperilaku terpuji yang diketahuinya dan kemudian bisa di aplikasikan kepada kehidupannya sehari-hari.
 
F.     DAFTAR PUSTAKA


G.    PENANGGUNG JAWAB ACUAN TEMA
a.       Sri Ngaeni, S.PdI
b.      Heni Kustioningsih, S.PdAUD



{ 1 comments... read them below or add one }

- Copyright © Paud Istiqomah Sambas - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -