Posted by : paud istiqomah sambas Purbalingga Thursday 30 December 2010

Membiasakan anak menabung sejak dini, akan membawa manfaat besar dalam hidup anak, kelak ketika mereka dewasa. Menabung juga melatih anak untuk sabar dan mengendalikan diri sejak awal.Lalu, Bagaimana cara agar anak anak mau menabung? Berikut beberapa tips sederhana yang dapat anda coba, agar anak mau menabung tanpa merasa tertekan,

1. Celengan menarik
Anak anak sangat menyukai sesuatu yang unik dan menarik perhatian. Ajaklah anak anda untuk memilih sendiri celengan kesukaannya. Hal itu akan memancing keinginannya agar lebih rajin menabung untuk mengisi "harta karunnya". Bersemangatlah ketika mengajak membeli dan memilih celengan, dan anak anda akan merasa sedang membeli sesuatu yang penting. Jangan lupa, tunjukkan semangat, pujian, dan rasa senang melihat dia memasukkan uang ke dalamnya.

2. Tanyakan barang favorit yang ingin dibelinya
Orang tua dapat mengajarkan manfaat menabung dengan menanyakan barang apa yang diinginkan anak, kemudian memberitahu cara menabung agar ia dapat memiliki barang tersebut. Misalnya, saat dia menginginkan mainan, maka jangan buru buru memberikannya tetapi ajaklah dia untuk menabung dari uang jajannya agar dapat memiliki mainan tersebut.

3. Ingatkan untuk selalu menabung
Anda dapat memulai dengan pertanyaan "Hari ini sudah nabung belum?". Anak anda akan selalu teringat dengan menyisihkan sedikit dari uang sakunya. Jangan lupa berikan pujian, pelukan, dan atau ciuman bila anak anda mau menyisihkan uang jajannya. Dengan demikian, anak Anda akan merasa mendapat penghargaan atas apa yang sudah dilakukannya. Anak akan cenderung menabung kembali itu pada keesokan harinya.

4. Jelaskan manfaat menabung
Anda dapat memulai mengajarkan menabung dengan memberitahu apa manfaatnya bila ia rutin menabung setiap hari. Dengan menabung, ia tidak akan boros dan kelak bisa memiliki banyak uang yang bisa dipakai untuk persediaan apabila diperlukan.
Prepare by Emelda,S Pd

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Paud Istiqomah Sambas - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -